Sistem
 Informasi Manajemen (SIM) adalah istilah yang secara luas digunakan dan
 diterapkan untuk sistem sumber daya yang diperlukan untuk manajemen 
organisasi yang efektif. Sumber daya adalah orang-orang, informasi dan 
teknologi, dari dalam dan luar organisasi, dengan prioritas utama 
diberikan kepada "orang-orang. "Sistem"  adalah kumpulan metode 
manajemen informasi yang melibatkan otomatisasi komputer (software dan 
hardware) atau mendukung dan meningkatkan kualitas dan efisiensi operasi
 bisnis dan pengambilan keputusan manusia.Sebagai bidang studi, SIM 
kadang-kadang disebut sebagai "manajemen IT" (manajemen teknologi 
informasi) atau "pelayanan informasi". 
Penting
 untuk dicatat bahwa SIM seharusnya tidak hanya menunjukkan status 
kondisi bisnis, tetapi juga menunjukkan mengapa kondisi membaik atau 
memburuk. Misalnya, SIM harus melaporkan kinerja relatif terhadap biaya 
dan proyek-proyek yang menguntungkan atau tidak menguntungkan, sementara
 mengidentifikasi akuntabilitas individu baik sekarang dan masa lalu. 
Hal ini dapat dilakukan hanya jika laporan tersebut didasarkan pada 
informasi yang terus diperbarui dapat diakses oleh mereka yang berwenang
 yang bertanggung jawab untuk menilai dan memastikan itu digunakan untuk
 tepat waktu pengambilan keputusan. 
Contoh
 ruang lingkup yang luas dan konteks bervariasi adalah: Sistem Pendukung
 Keputusan, Enterprise Resource Planning (ERP), Supply Chain Management,
 Customer Relationship Management (CRM), Manajemen Proyek dan Sistem 
Informasi Eksekutif (EIS). Sistem informasi, dengan sendirinya, 
dibedakan dari proses pengambilan keputusan. Tentu saja, data di 
dalamnya dapat memfasilitasi proses pengambilan keputusan.

Posting Komentar