Sistem
Informasi Manajemen (SIM) adalah istilah yang secara luas digunakan dan
diterapkan untuk sistem sumber daya yang diperlukan untuk manajemen
organisasi yang efektif. Sumber daya adalah orang-orang, informasi dan
teknologi, dari dalam dan luar organisasi, dengan prioritas utama
diberikan kepada "orang-orang. "Sistem" adalah kumpulan metode
manajemen informasi yang melibatkan otomatisasi komputer (software dan
hardware) atau mendukung dan meningkatkan kualitas dan efisiensi operasi
bisnis dan pengambilan keputusan manusia.Sebagai bidang studi, SIM
kadang-kadang disebut sebagai "manajemen IT" (manajemen teknologi
informasi) atau "pelayanan informasi".
Penting
untuk dicatat bahwa SIM seharusnya tidak hanya menunjukkan status
kondisi bisnis, tetapi juga menunjukkan mengapa kondisi membaik atau
memburuk. Misalnya, SIM harus melaporkan kinerja relatif terhadap biaya
dan proyek-proyek yang menguntungkan atau tidak menguntungkan, sementara
mengidentifikasi akuntabilitas individu baik sekarang dan masa lalu.
Hal ini dapat dilakukan hanya jika laporan tersebut didasarkan pada
informasi yang terus diperbarui dapat diakses oleh mereka yang berwenang
yang bertanggung jawab untuk menilai dan memastikan itu digunakan untuk
tepat waktu pengambilan keputusan.
Contoh
ruang lingkup yang luas dan konteks bervariasi adalah: Sistem Pendukung
Keputusan, Enterprise Resource Planning (ERP), Supply Chain Management,
Customer Relationship Management (CRM), Manajemen Proyek dan Sistem
Informasi Eksekutif (EIS). Sistem informasi, dengan sendirinya,
dibedakan dari proses pengambilan keputusan. Tentu saja, data di
dalamnya dapat memfasilitasi proses pengambilan keputusan.
Posting Komentar